Pages

Gallery

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blog Archive

Popular Posts

Kamis, 16 April 2015

Tagged under: ,

(OPINI) Satu Polybag Jahe Merah Bisa Menghasilkan 20kg??



Assalamualaikum... Teman sahabat petani, banyak dari teman dan rekan yang menanyakan apakah bisa menghasilkan jahe merah hingga 20kg dalam 1 polybag/karung (60x60)?

Jika boleh langsung menjawab saya jawab sepertinya "tidak"

Banyak sekali iklan yang menyajikan tawaran pupuk yang mengatakan bisa menghasilkan jahe hingga 20kg/polybag atau minimal 10kg/polybag, berdasarkan pengalaman saya sendiri jahe yang saya hasilkan dalam 1 polybag bekisar antara 2 hingga 4-5kg. Jika bisa sampai 5kg saja saya sudah sangat syukur Alhamdulillah :-D

Pada dasarnya semua memang harus disyukuri entah hanya menghasilkan 1 gram jahe saja, bertani berlandaskan kejujuran akan menumbuhkan kepercayaan antar petani satu dengan yang lain.

**catatan : Saya memohon maaf apabila anda memang menjual produk pupuk/semacamnya yang memang bisa membuat 1 karung jahe menghasilkan 20kg. Karena pada dasarnya saya sendiri menanam jahe merah dengan 100% produk alami tidak bisa menghasilkan sebanyak itu.

Kalau toh.. memang ada dan bisa dibuktikan kebenarannya.. saya benar benar ingin melihatnya.

**tulisan teman di facebook**

Alhamdulillah, setelah saya colek berkali-kali, Bapak Dr. Sukamto Wiharna meresponnya. Dr. Sukamto ini adalah peneliti senior di BALITRO Bogor, lembaga penelitian yang paling berkompeten tentang jahe di Indonesia. Beliau juga yang membuat tulisan ulasan tentang budidaya jahe dalam polybag.

Baru saja saya berdiskusi dengan Beliau tentang klaim bahwa budidaya jahe dalam polybag bisa mencapai 20 kg per polybag, apalagi minimal bisa 10 kg.

Ini pendapat beliau tentang produksi jahe 20 kg per polybag:"Terus terang banysk yg tanya itu, selalu kami terangkan SANGAT TIDAK MUNGKIN..."

BALITRO sendiri saya rasa belum pernah membuktikan secara ilmiah klaim ini. Ini adalah klaim-klaim beberapa oknum produsen pupuk dan bibit jahe. Beberapa tahun lalu jahe merah/emprit sempat booming, lalu kemudian 'jatuh'. Kini naik daun lagi JAHE GAJAH, masih dengan PHP 20 kg per polybag.

Saya pernah mendengar dengan telinga sendiri ada orang (pedagang) yang menyatakan kepada saya bahwa jahe emprit satu bibit satu polybag bisa menghasilkan 10 kg. Sayangnya hanya 'konon', ketika saya minta ditunjukkan hasilnya: 'Belum Panen'.

Saya sangat berharap BALITRO bisa secara resmi memberikan klarifikasi tentang hal ini. BALITRO adalah lembaga riset yang paling berkompeten untuk menjelaskan tentang ini.

Ini juga menjadi upaya untuk menghentikan PHP-PHP yang ditebarkan oleh oknum produsen pupuk maupun bibit (Saya baca di website, video youtube, artikel lain, dan komunikasi pribadi). Artikel-artikel mereka sudah ditulis sejak tahun 2013 atau mungkin tahun-tahun sebelumnya. Rentang waktu itu mestinya sudah berkali-kali panen. Saya ingin sekali orang-orang yang pernah berpromosi seperti itu menunjukkan bukti bahwa memang benar-benar, haqul yaqin, dan bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah jika produksi jahe bisa 20 kg per polybag.

Saya sangat ingin melihat pertanian jahe di Indonesia maju dan bisa naik peringkat. Jangan sampai momentum kebangkitan jahe saat ini dikotori oleh orang-orang yang ingin mendapatkan keuntungan sesaat. Jangan sampai jahe kembali jatuh seperti sebelumnya.
Semoga.

BALITTRO.LITBANG.PERTANIAN.GO.ID | OLEH SUPER USER